Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban PAT Prakarya Kelas 8 SMP/ MTs K-13 Th. 2022

Soalbagus.com - Berikut adalah Soal Latihan Ulangan UKK/ PAT Prakarya Kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk berlatih tahun ajaran 2022 lengkap dengan kunci jawabannya.

Soal essay dan jawaban dibawah ini adalah sebagiannya saja, adapun soal lengkap dari Soal PAT Prakarya Kelas 8 ini silahkan di download saja ya, linknya ada dibagian akhir tulisan ini.

soal pat kelas 8, soal prakarya kelas 8, soal ukk kelas 8, prakarya kelas 8, kunci jawaban

Berikut adalah soalnya, yaitu :

II. Essay

41. Tuliskan Penggolongan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya.
Kunci Jawaban
  1. Daerah pesisir pantai/laut: Limbah keras yang banyak tersedia seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan. 
  2. Daerah pegunungan: Limbah keras yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah limbah kayu pinus, kayu abasia, dan kayu kamper.
  3. Daerah pertanian: Limbah keras yang didapat di daerah ini adalah tulang-tulang hewan ternak seperti tulang sapi, kerbau, kambing, ayam, serta tulang ikan.
  4. Daerah perkotaan: Limbah keras yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya berupa pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot.
42. Saurip hidup didekat pesisir pantai karang song di Indramayu, suatu hari ia mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah keras organik, Saurip menyiapkan peralatan untuk membuat kerajinan tersebut seperti tang lancip, panci, spatula dan kompor, bahan limbah keras organik apa yang akan di buat Saurip untuk membuat kerajinan tersebut ?
Kunci Jawaban: Limbah sisik ikan

43. Tuliskan produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi?
Kunci Jawaban:
Produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi yaitu kerupuk tette, keripik singkong, sawut/gaplek ubi jalar, gaplek ubi kayu, dan kentang beku.

44. Teknik dasar pengolahan bahan pangan/makanan dibedakan menjadi dua yaitu....
Kunci Jawaban :
Teknik dasar pengolahan bahan pangan/makanan dibedakan menjadi dua yaitu teknik  pengolahan makanan panas basah (moist heat) dan teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking)

45. Tuliskan bahan-bahan untuk membuat Sambal Glandir Asam ?
Kunci Jawaban: Bahan-bahan untuk membuat Sambal Glandir Asam
  • Sayur daun glandir/ubi jalar satu ikat
  • Cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, tomat, terasi, gula merah dan jeruk nipis.
Berikut adalah naskah Soal Lat PAT Prakarya Kls 8, silahkan di download.

Barangkali juga teman-teman memerlukan soal lainnya:

Kumpulan Soal PAT Kelas 8 Th. 2021 Lengkap dengan Kunci Jawaban
atau
Kumpulan Soal Kelas 8


Itulah postingan Soal dan Jawaban PAT Prakarya Kelas 8 SMP/ MTs K-13 Th. 2020 diatas, semoga bermanfaat buat semuanya. Selamat belajar dan sukses selalu.