Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaring Jaring Makanan - IPAS Kelas 5 Bab 2 - Kurikulum Merdeka

Soalbagus.com kali ini melanjutkan postingan tentang Jaring Jaring Makanan yang merupakan materi ajar dari IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ) pada bab Harmoni dalam Ekosistem untuk kelas 5 SD/MI Semester 1 sesuai dengan kurikulum Merdeka terbaru.

Pertanyaan penting untuk materi kali ini adalah :

Bagaimana proses rantai makanan pada ekosistem yang lebih besar ?

Berikut adalah Materi Ajar IPAS Kelas 5 Bab 2 pada materi jaring jaring makanan, yaitu :

Dalam suatu ekosistem, terutama ekosistem yang cukup besar, berisi banyak komponen biotik. Hal ini menyebabkan produsen bisa dimakan oleh lebih dari satu konsumen. Begitu juga dengan predator yang bisa memangsa lebih dari satu jenis hewan. Lalu, bagaimana proses rantai makanan terjadi pada ekosistem dengan anggota yang banyak?

Umumnya, di dalam suatu ekosistem tidak hanya terdiri atas satu rantai makanan. Hal ini karena konsumen tingkat 1 dapat memakan berbagai produsen. Satu jenis produsen juga dapat dimakan oleh berbagai macam konsumen tingkat 1. Begitu pula dengan konsumen tingkat 2 dan 3 yang bisa memakan berbagai jenis hewan. Karenanya, pada suatu ekosistem hubungan makan dan dimakan digambarkan dengan jaring-jaring makanan yang merupakan kumpulan dari rantai makanan. Skema ini lebih tepat menggambarkan kondisi nyata pada suatu ekosistem. Skema ini juga memperlihatkan bahwa hubungan makan dan dimakan pada suatu ekosistem merupakan hubungan yang kompleks dan saling berkaitan satu sama lain. Pada jaring-jaring makanan satu hewan bisa memiliki peran yang berbeda. Sama seperti rantai makanan, jaring-jaring makanan juga menggambarkan jalur aliran energi.

Sebenarnya, jaring-jaring makanan merupakan kumpulan rantai makanan yang saling berkaitan pada satu ekosistem yang sama. Hal ini dapat terjadi karena dalam ekosistem yang luas, makhluk hidup yang sama bisa berada pada lebih dari satu rantai makanan. Pada jaring-jaring makanan, konsumen bisa memiliki peran yang berbeda.
jaring jaring makanan ipas kelas 5 bab 2
Ilustrasi : gambar jaring jaring makanan


Perhatikan jaring-jaring makanan di atas! Ada berapa rantai makanan di sana? Jika kalian perhatikan, laba-laba bisa berperan sebagai konsumen 2, namun juga bisa berperan sebagai konsumen 3.

Berikut adalah pertanyaan dan kunci jawaban dari " Mari Reflesikan "

1. Apa perbedaan dari hubungan makan dan dimakan yang kalian gambarkan pada kegiatan pertama dan sekarang?
Bervariasi. Namun, intinya pada kegiatan pertama hanya ada satu  jenis  makanan untuk satu jenis hewan, sedangkan pada kegiatan ini ada lebih dari satu makanan.
2. Menurut kalian, mana yang lebih tepat menggambarkan kondisi nyata dalam suatu ekosistem, rantai makanan atau jaring-jaring makanan? Mengapa?
Jaring-jaring makanan, karena pada kondisi nyata jumlah produsen bisa lebih dari satu. Begitu pula dengan jumlah konsumen tingkat 1 dan predatornya.
3. Apakah hewan bisa memiliki peran yang berbeda dalam satu jaring-jaring makanan?
Bisa, terutama hewan omnivora.
4. Menurut kalian, bagaimana peran jaring-jaring makanan dalam menjaga 
ekosistem tetap harmonis?
Hubungan ini merupakan hubungan yang saling mendukung kehidupan satu  sama lain.
Demikian untuk update kali ini semog bermanfaat, selamat belajar dan sukses selalu buat kita semuanya.

Post a Comment for "Jaring Jaring Makanan - IPAS Kelas 5 Bab 2 - Kurikulum Merdeka"