Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban PAT Seni Budaya Kelas 8 SMP/ MTs K-13 Th. 2022

Soalbagus.com - Berikut adalah Soal Latihan Ulangan PAT/ UKK Seni Budaya Kelas 8/ VIII SMP/MTs dan Kunci Jawabannya sesuai dengan kurikulum 2013/ kurtilas edisi revisi untuk berlatih persiapan Th. 2022.

Soal PAT Seni Budaya Kelas 8 Th. 2020 ini terdiri dari Soal PG dan Uraian/ Essay, namun untuk PG disajikan dalam bentuk video langsung dengan kunci jawabannya dan untuk essay teman-teman langsung bisa baca langsung juga lengkap dengan jawabannya.

Tetapi jika teman teman memerlukan naskah atau file soalnya yang printable, silahkan di download atau unduh saja, soalbagus sudah menyediakan link tautannya diakhir tulisan ini.

Download soal pat/ukk smp kelas 8 mapel seni budaya k 13 dan kunci jawaban, naskah soal, seni budaya kelas 8, ruang guru, pg, essay, uraian, hots, online, terbaru th. 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, 2023

Berikut adalah Soal Uraian PAT Seni Budaya Kelas 8 dan Jawaban, yaitu :

41. Jelaskan secara singkat arti dan makna yang terdapat pada masing-masing gambar poster berikut:
Kunci Jawaban
A. Memberikan pesan untuk membuang sampah pada tempat untuk kebersihan lingkungan sehingga lingkungan menjadi lebih baik, termasuk koruptor adalah sampah masyarakat yang harus dibuang pada tempatnya, yaitu penjara.
B. Memberikan pesan untuk hidup selalu jujur salah satunya dengan tidak mencontek pada saat ujian.
C. Memberikan pesan untuk hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok, karena merokok memberikan dampak buruk bagi tubuh sehingga bisa menyebabkan kematian.

42. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat komik !
Kunci Jawaban
a. Menentukan topik dan tujuan
b. Membuat kalimat singkat dan mudah diingat
c. Menggunakan gambar
d. Menggunakan media yang tepat

43. Sebutkan jenis - jenis komik yang kalian ketahui !
Kunci Jawaban
Berikut adalah jenis jenis komik dengan pengertiannya :

  • Kartun ( Cartoon ), yaitu komik yang isinya hanya satu tampilan saja yang didalamnya berisi gambar-gambar tokoh yang disatukan dengan tulisan-tulisan yang bertujuan mengkritik, sindiran dan humor.
  • Komik Potongan ( Comic Strip ), yaitu komik yang berupa penggalan-penggalan gambar dan digabngkan menjadi sebuah alur cerita pendek yang isi ceritanya bisa dibuat bersambung.
  • Komik Tahunan ( Comic Annual ), yaitu komik yang biasanya terbit setiap satu bulan sekali dan bahkan satu tahun sekali.
  • Komik Online ( Webcomic ), yaitu komik yang disajikan dalam bentuk online.
  • Buku Komik ( Comic Book ), yaitu suatu cerita yang berisikan gambar-gambar, tulisan dan cerita yang dikemas dalam bentuk buku.


44. Jelaskan secara singkat ciri khas atau karakteristik gaya menyanyi lagu daerah yang berbeda-beda dan terbagi menjadi 3 !
Kunci Jawaban
1. Gaya lokal, adalah karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada isu globalisasi, disebut sebagai entita lokal genius.
2. Gaya individual, adalah tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu lainnya.
3. Gaya periodikal, adalah tipologi karakteristik zaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal tertentu.

45. Jelaskan secara singkat yang kalian ketahui tentang keunikan dalam memainkan alat musik tradisional !
Kunci Jawaban
Dalam memainkan alat musik tradisional sangat unik sekali ada yang dipukul ( gendang, gong dll), digesek ( rebab) , ditiup ( suling ) bahkan digoyang seperti angklung.

Dapatkan juga soal lainnya :
Lainnya:
Kumpulan Soal PAT Kelas 8 Th. 2020 Lengkap dengan Kunci Jawaban
atau
Kumpulan Soal Kelas 8

Selanjutnya bagi teman teman yang memerlukan naskah soalnya silahkan diklik saja pada tautan link download diabawah ini.
Download

Demikianlah update kali ini ya teman-teman, semoga apa yang disuguhkan bisa bermanfaat bagi semuanya, sekian dan terimakasih. Semoga sukses.