Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Kelas 6 Tema 1 Part 1 dan Jawaban Th. 2020

Soal PTS Kelas 6 Tema 1 Semester 1 Part 1 Th. 2020. Soal latihan UTS/ PTS Kelas VI SD/MI Tematik tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup dan kunci jawaban kurikulum 2013 untuk berlatih tahun 2020-2021.

Soal latihan ini terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat dan essay. Tetapi untuk soal PG dan Isian Singkat admin kemas dalam bentuk video youtub, berikut linknya :

Video Soal UTS/ PTS Kelas 6 Tema 1 Semester 1.

III. Uraian

A. BAHASA INDONESIA
1. Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.
Informasi apa yang terdapat dari paragraf diatas? 
Jawaban :
Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan dan sayuran.

2. Sebutkan ciri-ciri kalimat efektif !
Jawaban :
Memiliki unsur penting atau pokok ( minimal unsur subjek dan predikat ), Menggunakan struktur bahasa yang tepat, memenuhi kaidah ejaan yang berlaku, menggunakan pilihan kata ( diksi ) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

3. Bacalah paragraf berikut! 
Pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain. Pohon berperan sebagai sumber makanan, obat, dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang tidak kalah penting adalah penghasil udara segar. 
Apa ide pokok pada paragraf diatas? Dan sebutkan peran pohon bagi kehidupan! 
Jawaban :
Manfaat pohon bagi kehidupan. 
Peran pohon bagi kehidupan adalah sebagai sumber makanan, obat dan bahan industri, Salah satuperan pohon yang tidak lalah penting adalah penghasil udara segara.

B.  IPA
4. Apa yang dimaksud dengan pengembangbiakan vegetative? Jelaskan!
Jawaban :
Perkembangan biakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu makhluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

5. Sebutkan ciri-ciri hewan vivipar ? berikan contohnya!
Jawaban :
Ciri ciri vivivar yaitu memiliki puting susu, memiliki daun telinga, penutup tubuh ditumbuhi rambut. Contohnya kucing, sapi, kambing dll.

Demikianlah untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Sekian dan terimakasih.