Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Magnet ? - Jenis Jenis Magnet - Mengapa Magnet Bisa Menarik Logam ?

Soalbagus.com - Selamat datang kembali teman teman. Kali ini materi pelajaran yang akan di share adalah IPAS Kelas 5 Bab 3 Manget, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan pada semester 1 kurikulum Merdeka terbaru.

Khusus pada Postingan kali ini disajikan materi ajar tentang:
Apa Itu Magnet ?
Jenis Jenis Magnet
Mengapa Magnet Bisa Menarik Logam ?

Selanjutkan pertanyaan yang sering muncul pada materi ini antara lain :
1. Apa itu magnet ?
2. Bagaimana magnet bermanfaat untuk kehidupan kita ?
3. Bagaimana cara membuat magnet ?

Apa itu Magnet !
Magnet adalah suatu benda yang memiliki kemampuan menarik benda benda lain yang ada disekitarnya. Tidak semua benda memiliki sifat magnetik - kemampuan untuk dapat ditarik oleh magnet. Ada benda benda yang memiliki sifat magnetik kuat, namun ada juga benda yang sifatnya magnetiknya lemah. Selain itu, ada juga benda yang tidakmemiliki sifat kemagnetan sama sekali, seperti kayu, beras, kerikil dsb.

Jenis Jenis Magnet
Berdasarkan sifat kemagnetannya, magnet dibagi menjadi beberapa tipe :
1. Magnet permanen
Tipe magnet ini merupakan magnet yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Benda yang tergolong magnet permanen memiliki kekuatan magnet yang tidak dapat hilang dengan mudah. Contohny, magnet yang terdapat pada pengeras suara, pintu kulkas, jam tangan, dan lain sebagainya.

2. Magnet sementara
Sesuai namanya, benda yang tergolong tipe magnet ini memiliki sifat kemagnetan yang sementara. Ketika benda ini berada dalam suatu medan magnet, benda tersebut akan memiliki sifat kemagnetan. Namun, benda ini akan kehilangan sifat kemagnetannya ketika tidak berada dalam suatu medan magnet.

3. Elektromagnet
Berbeda dengan tipe magnet permanen dan sementara, elektromagnet merupakan suatu benda yang dapat menghasilkan gaya magnet ketika benda tersebut dialiri listrik. Benda ini merupakan suatu kumparan kabel yang dialiri listrik. Salah satu keunggulan benda elektromagnetik, yaitu besaran gaya magnet yang dihasilkan dapat diatur sesuai dengan besaran arus listrik yang dialirkan.

Mengapa Magnet Bisa Menarik Logam?
Pada dasarnya, magnet dapat menarik logam lainnya karena memiliki gaya medan magnet. Umumnya, atom-atom logam besi memiliki gaya medan magnet tersendiri. Gaya medan magnet pada besi biasa memiliki arah yang tidak beraturan sehingga besi biasa tidak dapat menarik logam lainnya. Jika domain medan magnet pada besi dibuat searah maka gaya medan magnetnya akan semakin besar sehingga dapat menarik logam lainnya. Magnet dapat menarik logam lainnya dikarenakan gaya medan magnetnya teratur dan cukup kuat.

Medan magnet merupakan sesuatu yang tidak dapat dilihat secara langsung. Oleh karenanya dalam mempelajari topik ini, guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran berbasiskan pengalaman (experiential learning). Berikan kesempatan yang lebih leluasa kepada peserta didik untuk berinteraksi dengan magnet.
gambar materi ajar magnet

Berikut adalah pertanyaan dan jawaban pada topik merefleksikan halaman 110 - 111 :

1. Apa itu magnet?
Magnet adalah benda yang memiliki medan magnet dan dapat menarik benda-benda lain.

2. Apa saja benda-benda yang dapat ditarik magnet?
Benda yang terbuat dari besi, nikel, dan kobalt. Selain besi, mungkin peserta didik tidak familiar dengan logam nikel dan kobalt. Tapi perlu untuk peserta didik ketahui bahwa tidak hanya besi yang dapat ditarik oleh magnet.

3. Apa itu garis-garis gaya magnet?
Garis-garis tidak kasat mata yang menunjukan gaya magnet yang terdapat di sekitar benda magnetik.

4. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang sama didekatkan?
Akan timbul gaya tolak-menolak.

5. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan?
Akan timbul gaya tarik-menarik.

6. Apa manfaat magnet dalam kehidupan kita sehari-hari?
Bervariasi. Jawaban sesuai pendapat masing masing.

Post a Comment for "Apa Itu Magnet ? - Jenis Jenis Magnet - Mengapa Magnet Bisa Menarik Logam ?"