Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Teknologi - IPAS Kelas 5 - Bab 3 Topik C

Soalbagus.com kembali lagi kali ini update tentang materi pelajaran IPAS Kelas 5 Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan pada kurikulum Merdeka pada topik C Teknologi untuk Kehidupan pada semester 1.

gambar ipas kelas 5 bab 3

Pertanyaan Esensial
1. Apa itu teknologi?
2. Bagaimana teknologi membantu kehidupan kita?
3. Bagaimana listrik berperan dalam perkembangan teknologi?

Teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Britannica, 2020). Contohnya, ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang. Ketika kita sulit melakukan perjalanan jauh, ilmuwan menciptakan kendaraan bermotor agar kita bisa melakukan perjalanan jauh tanpa kelelahan. Ketika kita tidak memiliki tempat berteduh, maka orang-orang terdahulu membuat bangunan dari tanah liat yang dicetak, dikeringkan dan disusun. Pembuatan rumah juga merupakan bagian dari penerapan ilmu pengetahuan, sehingga proses membuat rumah juga merupakan bentuk teknologi.

Inti dari materi ini
  1. Teknologi adalah bentuk penerapan ilmu pengetahuan untuk  menyelesaikan permasalahan atau menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Teknologi sederhana contohnya pisau, obeng, dan palu. Teknologi yang rumit contohnya komputer, ponsel pintar, internet, dan lain sebagainya.
  3. Teknologi selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga bisa jadi ada teknologi yang tidak digunakan lagi di tahun-tahun mendatang.
  4. Bentuk penerapan teknologi juga bisa dalam bentuk proses, seperti teknologi pengolahan tanah, teknologi pembibitan tanaman, teknologi penyembuhan suatu penyakit, dsb.
  5. Salah satu bentuk penerapan teknologi, yaitu mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya, seperti pembangkit listrik.

Soal dan Jawaban Mari Merefleksikan IPAS Kelas 5 Bab 3 Halaman 117 - 118


1. Apakah teknologi harus menggunakan listrik?
Tidak harus. Ada teknologi-teknologi yang tidak memerlukan listrik agar berfungsi. Contohnya gunting, penggaris, pensil, papan tulis, dan sebagainya.

2. Apakah setiap teknologi pasti membantu manusia menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari?
Ya. Sudah semestinya teknologi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Apa jadinya jika kalian tidak lagi dapat menggunakan benda-benda berteknologi?
Disesuaikan dengan jawaban masing masing.
Ide jawaban :
a. Apa jadinya jika kita tidak bisa menggunakan lampu?
b. Bagaimana ya jika seandainya semua sepeda motor di desa kita rusak dan tidak dapat digunakan?

4. Jadi, menurut kalian apa pengertian teknologi?
Teknologi merupakan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Post a Comment for "Apa itu Teknologi - IPAS Kelas 5 - Bab 3 Topik C"