Energi Listrik - IPAS Kelas 5 - Bab 3 Kurikulum Merdeka

Soalbagus.com, Selamat datang kembali teman. Kali ini melanjutkan postingan tentang bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan pada mata pelajaran IPAS Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka terbaru pada topik pembahasan " Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik ".

gambar energi listrik ipas kelas 5 bab 3

Energi listrik, pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, ragam jenis pembangkit listrik.

Pertanyaan penting pada materi ini.

1. Apa itu listrik ?
2. Bagaimana listrik membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari ?
3. Bagaimana cara mendapatkan energi listrik ?

Energi listrik adalah salah satu bentuk energi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya energi listrik dan teknologi-teknologi tertentu membantu kita menjalani berbagai aktivitas, seperti belajar, memasak, membersihkan rumah, berkomunikasi, bepergian, dan sebagainya.

Pada umumnya, energi listrik bisa kita dapatkan dari sumber listrik arus searah (DC) dan sumber listrik arus dua arah (AC). Contohnya, baterai sebagai sumber arus listrik searah digunakan untuk memfungsikan ponsel pintar, komputer jinjing, senter, lampu kendaraan dan sebagainya. Adapun sumber arus listrik dua arah yang kita dapatkan dari pasokan PLN biasanya digunakan untuk memfungsikan peralatan elektronik, seperti kulkas, televisi, lampu, pompa air, kompor listrik, penanak nasi, pencampur, dan sebagainya.

Sumber arus listrik dua arah dapat digunakan sebagai sumber untuk mengisi baterai. Ada perangkat elektronik tertentu yang digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah. Contohnya, ketika kita mengisi daya baterai ponsel pintar, laptop, atau perangkat elektronik portabel lainnya

Sumber arus listrik dua arah bisa kita peroleh dari penyedia pasokan listrik seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara). PLN memiliki pembangkit listrik di berbagai daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di seluruh negeri. Pembangkit listrik merupakan sebuah ‘pabrik’ atau tempat yang berfungsi mengubah suatu energi menjadi energi listrik. Jenis pembangkit listrik pun beragam, bergantung proses konversi energi listrik yang terjadi.

Di dalam sebuah rangkaian listrik pasti memiliki tegangan listrik. Tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam sebuah rangkaian listrik. Guru dapat mengingatkan peserta didik untuk lebih berhati-hati ketika menggunakan listrik bertegangan tinggi. Misalnya, ketika menggunakan listrik dirumah, ketika menggunakan aki bertegangan tinggi (aki mobil), dan sebagainya.

Soal dan Jawaban " Mari Refleksikan " halaman 115

1. Seberapa penting listrik bagi kehidupan kita?
• Bagi orang-orang yang sudah mendapatkan akses listrik, energi ini sudah jadi bagian dari hidup mereka dan sulit untuk dipisahkan. Aktivitas di rumah, perkantoran, rumah sakit, semua membutuhkan
listrik. Ini yang menyebabkan energi ini sangat penting. 
• Jika daerah tempat guru mengajar masih sulit mendapatkan akses listrik, guru dapat mengajak peserta didik berpikir apa saja permasalahan di sekitar mereka yang dapat dibantu dengan peralatan elektronik.

2. Apa yang terjadi apabila kita tidak dapat menggunakan energi listrik dalam waktu 1 hari saja?
Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan, tentunya tanpa listrik akan mengalami banyak hambatan/kesulitan. Guru dapat mengajak peserta didik berpikir apa yang akan terjadi jika sebuah rumah sakit tidak dapat menggunakan peralatan elektroniknya dalam beberapa jam (atau bisa menggunakan tempat lain yang familiar dengan peserta didik).

3. Bagaimana cara kita mendapatkan energi listrik?
Melalui pembangkit listrik yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah  serta tempat lain menggunakan gardu dan kabel.

Post a Comment for "Energi Listrik - IPAS Kelas 5 - Bab 3 Kurikulum Merdeka"