Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekosistem Yang Harmonis - Bab 2 Harmoni Dalam Ekosistem - IPAS Kelas 5 - Kurikulum Merdeka

Soalbagus.com akan melanjutkan posting materi pelajaran IPAS kelas 5 SD/MI. Dan kali ini adalah untuk Topik C Ekosistem Yang Harmonis masih pembahasan pada Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem semester 1 sesuai dengan kurikulum Merdeka.

Pertanyaan paling penting dari materi ini adalah :

1. Apa hubungan jaring jaring makanan dengan keseimbangan ekosistem ?
2. Apa peran manusia dalam mejaga keseimbangan ekosistem ?

Ekosistem yang Harmonis

Jaring-jaring makanan menggambarkan bahwa antarmakhluk hidup memiliki ketergantungan untuk bertahan hidup. Adanya proses makan dan dimakan bisa kita lihat sebagai salah satu cara alam untuk mengendalikan populasi makhluk hidup agar tetap seimbang. Hewan herbivora akan mengontrol perkembangan tumbuhan dan hewan karnivora akan mengontrol perkembangan populasi hewan herbivora. Sebaliknya, produsen yang berlimpah dapat mendukung pertumbuhan hewan herbivora, sedangkan hewan karnivora dapat berbagi makanan dengan hewan lainnya. Hubungan inilah yang menjaga keseimbangan dalam suatu ekosistem.

Jika ada suatu organisme yang tidak ada dan fungsinya tidak bisa digantikan, maka ekosistem akan mengalami ketidakseimbangan. Akan ada suatu organisme yang pertumbuhannya menjadi tidak terkendali. Ada pula organisme yang akan menurun populasinya karena kehilangan sumber makanan dan timbulnya persaingan makanan yang ketat. Dampaknya akan terjadinya kerusakan, bahkan kepunahan. Umumnya, hewan yang berada pada puncak rantai makanan berperan lebih besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem karena satwa ini mengontrol perkembangan berbagai jenis satwa lainnya.

Keseimbangan Ekosistem
Jaring-jaring makanan membantu tetap terkendalinya pertumbuhan makhluk hidup. Dengan adanya makhluk hidup yang menjadi sumber makanan, maka populasi makhluk hidup akan tetap terjaga. Jika salah satu komponen hilang dapat menyebabkan hilangnya satu sumber makanan. Hal ini akan berdampak pada keseimbangan jaring-jaring makanan.

keseimbangan ekosistem


Perlu diingat !
Bumi bukan hanya tempat tinggal manusia. Namun, manusia tinggal berdampingan dengan makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, norma yang perlu dijaga merupakan kewajiban manusia yang berakal untuk tetap memikirkan keberlangsungan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitarnya. Terutama, jika manusia melakukan perubahan (pembangunan) atau mengambil dari alam (menambang, mengambil untuk bahan pangan, dan sebagainya).

Kunci Jawaban Merefleksikan halaman 69 IPAS Kelas 5

1. Apa hal menarik yang kalian dapatkan pada aktivitas kali ini?
Bervariasi. Disesuaikan dengan jawaban masing masing

2. Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem? 
Hilangnya habitat, perburuan liar, bencana alam, pemanfaatan secara berlebihan, munculnya anggota baru, dan sebagainya.

3. Apakah hubungan jaring-jaring makanan dengan keseimbangan ekosistem?
Salah satu cara alam untuk menjaga populasi makhluk hidup.

4. Bagaimana proses transfer energi jika ada suatu komponen yang hilang/rusak?
Transfer energi dapat berkurang atau tidak terjadi sama sekali.

5. Apa peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem?
Menjaga habitat dan aktivitasnya agar tidak mengganggu jaring-jaring makanan. Perubahan yang dilakukannya pada lingkungan sekitarnya harus tetap memikirkan keberlangsungan makhluk hidup yang tinggal disitu.

6. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kalian?
Bervariasi. Disesuaikan dengan jawaban masing masing.

Post a Comment for "Ekosistem Yang Harmonis - Bab 2 Harmoni Dalam Ekosistem - IPAS Kelas 5 - Kurikulum Merdeka"