Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Karena Cahaya - Gangguan Penglihatan - Materi Pelajaran IPAS Kelas 5

Selamat datang kembali di Soalbagus.com, Kali ini akan melanjutkan materi ajar IPAS Kelas 5 yang sudah dipublikasikan yaitu : Sifat sifat Cahaya. Materi ajar ini sesuai dengan kurikulum merdeka terbaru.

Adapun judul pada postingan ini adalah disajikan informasi tentang bagimana mata bisa melihat, kemudian bagaimana cara mata kita bekerja, serta gangguan penglihatan yang biasa kita dijumpai dilingkungan sekitar kita.

Nah setelah membaca materi dibawah ini, diharapkan kita bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan mata dan cahaya dibawah ini, yaitu :

1. Mengapa kita bisa melihat benda ?
2. Bagaiaman cara mata kita bekerja ?
3. Apa hubungannya cahaya dan proses melihat ?
4. Mengapa kita tetap bisa melihat ketika malam hari ?
5. Mengapa kita perlu berkedip ?
6. Informasi apa yang diberikan oleh mata kita ? Jika mata kita tidak berfungsi, adakah cara lain untuk mendapatkan informasi ini ?
7. Apa saja yang tidak bisa kita lakukan jika kita tidak bisa melihat ?
8. Menurut kalian cara apa saja yang dibisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita ?

Melihat Karena Cahaya - Gangguan Penglihatan

Adanya dua mata yang kita miliki membuat penglihatan menjadi lebih luas. Setiap mata melihat dengan sudut yang berbeda dan menciptakan penglihatan yang utuh. Mata berbentuk bola dan terdiri atas tiga lapisan. Lapisan paling luar terdiri atas dua bagian, yaitu kornea yang berselaput bening dan sklera. Di lapisan tengah ada iris, pupil, dan lensa. Iris memiliki pigmen sehingga berwarna dan berfungsi mengontrol besar kecilnya pupil. Retina dan saraf berada di lapisan paling akhir yang berperan menangkap dan menerjemahkan sinyal cahaya.

Proses melihat tidak bisa lepas dari cahaya dan sifatnya. Cahaya dipantulkan hingga masuk ke mata. Ketika cahaya masuk ke dalam kornea yang berupa selaput bening, cahaya akan dibiaskan, lalu masuk melalui pupil dan sampai ke lensa. Lensa akan memfokuskan cahaya agar tepat jatuh di retina. Proses melihat tidak hanya dilakukan oleh mata, namun otak juga memiliki peran. Otak akan menerjemahkan sinyal cahaya yang ditangkap retina dan barulah kita melihat. Otak juga akan merekam apa yang kita lihat sebagai sebuah ingatan.

Cara paling utama menjaga kesehatan mata, yaitu dengan menjaga pola hidup sehat. Makan makanan bergizi, menjaga kebersihan mata, mengistirahatkan mata setelah bekerja di depan layar atau membaca, tidak merokok dan menghindari asap merupakan beberapa cara untuk mencegah kerusakan mata. Oleh karena penglihatan merupakan sebuah sistem maka gangguan pada salah satu bagiannya akan membuat seseorang mengalami gangguan penglihatan.  Selain gangguan penglihatan yang ada pada Buku Siswa, ada juga gangguan penglihatan lain yang mungkin pernah peserta didik dengar di kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Katarak
Katarak merupakan gangguan penglihatan karena lensa mata keruh sehingga cahaya yang masuk tidak bisa diterima oleh retina dengan sempurna. Hasilnya penglihatan seseorang jadi buram, bahkan buta. Gangguan ini bisa terjadi karena faktor keturunan, paparan sinar terlalu lama (seperti pada pekerja las), efek dari penyakit diabetes, atau karena faktor usia. Katarak bisa diobati dengan operasi. Gangguan ini dapat dicegah dengan melindungi mata dari paparan sinar, tidak merokok dan minum minuman beralkohol, serta menghindari makanan cepat saji yang memiliki kandungan lemak, gula, dan garam yang tinggi.

2. Buta warna
Buta warna merupakan gangguan pada penglihatan warna, diakibatkan kerusakan bagian dalam retina yang berfungsi sebagai penangkap warna. Biasanya, gangguan ini terjadi karena faktor keturunan atau bawaan penyakit lain. Ada banyak jenis buta warna. Misalnya, kesulitan membedakan warna merah, hijau, biru, atau kuning. Gangguan ini disebut buta warna sebagian. Ada yang mengalami buta warna total. Artinya, penderita tidak bisa melihat warna dan hanya mampu melihat putih dan hitam saja. Saat ini, buta warna masih sulit diobati. Ada penemuan untuk kacamata khusus buta warna, namun harganya masih relatif mahal.
materi ipas kelas 5 penglihatan dan cahay


Beberapa fakta unik mengenai penglihatan manusia dan hewan yang bisa jadi pengetahuan kita tentang melihat, mata, dan cahaya ini, di antaranya:
  1. Iris setiap manusia unik, seperti sidik jari. Iris bisa digunakan untuk mengenali identitas seseorang.
  2. Unta mempunyai alis yang lebat dan dua lapis bulu mata yang panjang untuk melindungi matanya dari pasir.
  3. Elang memiliki penglihatan yang sangat tajam dan bisa melihat kelinci dari jarak ±3 km.
  4. Bola mata burung hantu tidak seperti manusia yang bisa bergerak. Namun, burung hantu memiliki kepala yang bisa berputar hampir 270°. Hal ini menyebabkan burung hantu memiliki pandangan yang luas tanpa harus menggerakkan tubuhnya. 
  5. Umumnya hewan pemangsa, seperti harimau, singa, dan kucing memiliki mata di bagian depan wajahnya. Bentuk ini memudahkan penglihatan untuk memfokuskan pandangan ke mangsanya. Adapun hewan yang dimangsa, seperti kuda, kambing, sapi, dan kerbau memiliki mata di bagian samping  wajahnya sehingga bisa lebih waspada terhadap ancaman bahaya.

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan pertanyaan diatas, yaitu :
  1. Karena ada cahaya
  2. Lihat materi diatas yang dicetak tebal pada paragraf ke 2.
  3. Kita dapat melihat karena cahaya. Sumber cahaya mengenai objek dan cahaya dipantulkan ke mata kita.
  4. Karena malam hari tetap ada sumber cahaya, bisa dari lampu, bulan atau bintang.
  5. Berkedip membuat mata kita tetap basah. Berkedip juga sebagai reflek ketika ada benda asing yang masuk ke mata.
  6. Informasi mengenai benda-benda di sekitar kita, di mana kita berada, siapa lawan bicara kita, tulisan yang kita baca, dan masih banyak lagi. Cara lainnya bisa melalui indra yang lain, seperti indra peraba, pendengaran, dan penciuman.
  7. Ketika mendiskusikan pertanyaan ini sampaikan bahwa Tuhan menciptakan indra-indra yang lain untuk saling melengkapi. Ketika salah satu indra tidak berfungsi, masih ada indra lain yang membantu walaupun tidak akan sama. Banyak orang dengan gangguan penglihatan dan masih bisa beraktivitas, bahkan mencetak prestasi. Mempunyai indra penglihatan yang sehat merupakan suatu hal yang perlu disyukuri.
  8. Bisa dengan makan makanan yang bernutrisi, membaca dengan jarak yang cukup, mengatur penerangan saat membaca, tidak melihat layar televisi/komputer/telepon pintar dalam waktu lama, tidak menyentuh mata sembarangan, dan masih banyak lagi.

Dan dibawah ini adalah pertanyaan pertanyaan seputar penglihatan mata dan cahaya adalah sebagai berikut :

a. Apa fungsi dari berkedip dan apa yang terjadi jika kita tidak berkedip? 
Jawab :Berkedip akan membasahi mata dan membuat mata menjadi tidak kering.

b. Mengapa saat mata kita terkena kotoran akan keluar air mata? 
Jawab : Air mata berfungsi sebagai pelindung terhadap benda asing. Saat terkena kotoran, air mata berfungsi mengeluarkan kotoran dari mata kita.

c. Apakah kita boleh melihat cahaya yang terlalu terang? Mengapa? 
Jawab : Tidak boleh, karena cahaya yang masuk terlalu banyak akan merusak bagian mata kita. Iris dan pupil berfungsi mengatur agar jumlah cahaya yang masuk sesuai dengan kebutuhan kita.

d. Berikan contoh aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan perlindungan terhadap mata!
Jawab : Contohnya, ketika di tempat yang berdebu, aktivitas/ pekerjaan yang melihat layar komputer dalam waktu lama, pekerja bangunan, pekerja di laboratorium atau bengkel, dan masih banyak lagi.

Post a Comment for "Melihat Karena Cahaya - Gangguan Penglihatan - Materi Pelajaran IPAS Kelas 5"