Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal PAT Prakarya SMP Kelas 7 + Jawaban Th. 2022

Soalbagus.com - Berikut ini adalah Soal Latihan PAT ( Penilaian Akhir Tahun ) atau Ujian Kenaikan Kelas mata pelajaran Prakarya untuk SMP/ MTs kelas 7 yang dilengkapi dengan kunci jawaban sesuai dengan kurikulum 2013 revisi untuk berlatih tahun ajaran Th. 2022.

Soal PAT Prakarya SMP Kelas 7 + Jawaban Th. 2021 ini terdiri dari 45 butir soal dengan 40 Pilihan Ganda ( PG ) dan sisanya sebanyak 5 soal adalah soal essay atau uraian.

Bagi teman teman yang ingin mendapatkan file yang bisa diprint, silahkan di download atau unduh saja soalnya pada link tautan diakhir tulisan ini.

Berikut adalah Soal PG PAT Prakarya SMP Kelas 7 dan Jawaban, yaitu :


II. Uraian

41. Tuliskan jenis-jenis limbah berdasarkan senyawanya beserta contohnya....
Kunci Jawaban
Berdasarkan senyawa limbah dibagi lagi menjadi dua jenis sebagai berikut.
a. Limbah organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikan atau mudah membusuk. Limbah organik mengandung unsur karbon. Limbah organik dapat ditemui dalam kehidupan sehari hari. Contohnya kulit buah dan sayur, kotoran manusia dan kotoran hewan
b. Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk. Limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalah plastik, beling, dan baja.

42. Tuliskan Proses pengolahan bahan limbah lunak secara umum !
Kunci Jawaban
Proses pengolahan bahan limbah lunak secara umum
1. Pemilahan bahan limbah lunak
2. Pembersihan limbah lunak
3. Pengeringan
4. Pewarnaan bahan limbah lunak
5. Pengeringan setelah pewarnaan
6. Penghalusan bahan agar siap dipakai

43. Ayah Alesha baru saja panen kentang. Alesha ingin membuat makanan yang memanfaatkan sayuran kentang secara utuh yaitu umbinya sebagai bahan pangan utama dan juga kulitnya sebagai hasil samping kentang, Alesha ingin mempraktikkan pengetahuan yang didapat di sekolah dan mencoba merasakan seperti apa jika dia makan kentang bersama dengan kulitnya yaitu dengan cara membuat balado kentang, kira-kira bahan apa saja yang harus di persiapkan oleh Alesha untuk membuat balado kentang tersebut?
Kunci Jawaban
Bahan-bahan untuk membuat balado kentang
Bahan yang diperlukan untuk bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe rawit, garam, gula dan merica. Sedangkan untuk bahan hasil sampingnya yaitu kentang

44. Talas termasuk tanaman sayuran umbi yang memiliki banyak manfaat. Hampir semua bagian dari talas dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan untuk dikonsumsi atau sebagai obat. Adapun, hasil samping dari talas adalah....
Kunci Jawaban

Hasil samping dari talas adalah daun, batang dan akar talas

45. Tuliskan pengemasan makanan tradisional di bawah ini
a. Ketupat
b. Lemper
c. Gudeg
Kunci Jawaban
Pengemasan makanan tradisional
a. Ketupat dikemas dengan daun kelapa
b. Lemper dikemas dengan daun pisang
c. Gudeg dikemas dengan kendil yang terbuat dari tanah liat

Selanjutnya silahkan di download/unduh saja Soal PAT Prakarya Kls 7 dan Jawaban ini pada tautan link dibawah ini.
Download

Demikianlah update kali ini tentang Soal Latihan PAT/ UKK Prakarya Kelas 7 dan Kunci Jawabannya, semoga bermanfaat bagi teman-teman semunya. Sekian dan terimakasih. Selamat Belajar.