Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Uji Pemahaman Halaman 39-40

Selamat datang di Soalbagus.com. Kali ini posting tentang Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial halaman 39 - 40 BAB 1 Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi dan tentunya sesuai dengan Kurikulum Merdeka terbaru.

Berikut adalah pertanyaan dan jawabannya, yaitu :

A. Sifat Cahaya
soal bab 1 ipas kelas 5 kurikulum merdeka

Ian, Banu, Dara, dan mobil mainan dipisahkan oleh layar 1, 2, dan 3. Ketiga layar tersebut terbuat dari bahan yang berbeda-beda sehingga:
a. Ian tidak bisa melihat Dara.
b. Banu bisa melihat Dara dengan jelas.
c. Dara dan Banu bisa melihat mobil mainan dengan samar.

Berdasarkan informasi di atas, apa sajakah kemungkinan bahan untuk ketiga layar tersebut? Jelaskan alasannya.

Jawaban :

Layar 1: benda tak tembus cahaya (bisa kayu, tembok, dan sebagainya).
Layar 2: benda transparan atau bening (bisa kaca, plastik bening, dan sebagainya).
Layar 3: benda buram atau sedikit tembus cahaya (bisa kain tipis, kertas buram, plastik putih, dan sebagainya).

B. Indra Penglihatan
kunci jawaban ipas kelas 5 indra penglihatan

Mia senang membaca buku. Ia bisa duduk dan membaca buku dalam waktu yang lama, seperti pada gambar. Setelah membaca, Mia suka mengeluhkan matanya yang terasa lelah. Bisakah kalian menjelaskan apa yang terjadi pada Mia? Gunakan penjelasan mengenai cara mata kita melihat serta bagian mata yang berpengaruh terhadap jarak benda. 

Jawaban :
Saat melihat benda dengan jarak dekat, lensa mata akan menggembung dan bekerja dengan tekanan. Hal ini yang menyebabkan mata Mia lelah karena membaca dengan jarak dekat dalam waktu yang lama. Sebaiknya, Mia menjaga jarak baca minimal 30 cm dengan pencahayaan yang cukup saat membaca. Lalu, istirahatkan mata dengan melihat benda-benda jauh dan hijau.

C. Sifat Bunyi
Untuk mencegah terjadinya pemantulan bunyi yang membuat suara dalam ruangan tidak jelas dan terdengar sampai keluar studio (atau bahkan ke studio lainnya). Benda-benda lunak, seperti busa dan karpet dapat meredam suara. Prinsip ini juga dipakai untuk studio-studio musik.

D. Indra Pendengaran
kunci jawaban ipas kelas 5 bab 1 pendengaran
Gedung bioskop adalah tempat untuk memutar film di layar lebar. Gedung ini akan memutar suara film dengan suara yang keras karena ruangannya cukup luas. Dinding gedung bioskop dilapisi oleh busa tebal dan lantainya dilapisi dengan karpet. Kursinya pun terbuat dari busa empuk. Dengan menggunakan sifat bunyi, menurut kalian mengapa semua gedung bioskop dibuat seperti itu?

Jawaban :
Suara yang terlalu keras dapat merusak gendang telinga. Gendang telinga terbuat dari selaput yang tipis dan bisa rusak, bahkan robek dengan getaran yang terlalu kencang/kuat. Jika gendang telinga rusak maka tulang pendengaran dan rumah siput tidak bisa menyalurkan bunyi sampai ke saraf pendengaran. Akibatnya, kita akan mengalami gangguan pendengaran.

Post a Comment for "Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Uji Pemahaman Halaman 39-40"