Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal-Soal IPAS Kelas 5 Tentang Mendengar Karena Bunyi - Kurikulum Merdeka

Selamat datang kembali di Soalbagus.com. Kali ini akan posting tentang Contoh soal soal yang berhubungan dengan materi Pengajaran Topik D Mendengar Karena Bunyi ( klik untuk lihat materinya ) sesuai dengan kurikulum merdeka terbaru tahun 2023.

soal ipas kelas 5 tentang pendengaran dan bunyi

Soal soal latihan dibawah ini berupa pertanyaan bentuk isian atau essay. Berikut adalah soal soalnya, yaitu :

1. Bagaimana dari telinga yang berfungsi untuk melindungi telinga dari benda asing ?

2. Mengapa saat kita menutup telinga suara yang kita dengan menjadi kecil ?

3. Apakah kita boleh mendengarkan suara yang terlalu keras ? mengapa ?

4. Pikirkanlah aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan perlindungan terhadap telinga ?

5. Apa hubungan bunyi dan proses mendengar ?

6. Informasi apa yang diberikan telinga kita ? jika telinga kita tidak berfungsi, adakah cara lain untuk mendapatkan informasi ini ?

7. Apakah suara keras baik untuk telinga kita ?

8. Apa saja yang tidak bisa kita lakukan jika tidak bisa mendengar ?

9. Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga kita ?

Kunci jawaban dari pertanyaan pertanyaan diatas adalah sebagai berikut :

1. bagian telinga luar ( daun telinga dan saluran telinga). KOtoran telinga juga berfungsi untu menyaring debu yang masuk.

2. Karena gelombang bunyi yang masuk ke saluran dan mengenai gendang telinga hanya sedikit dibanding saat telinga dalam keadaan terbuka.

3. Tidak boleh karena akan merusak gendang telinga.

4. ( Jawaban bisa beragam ). Bisa pekerja bangunan ( karena banyak mendengar suara mesin ), musisi dan orang-orang yang bekerja di panggung, pekerja bengkel ( yang menggunakan mesin mesin dengan suara keras ), teknisi pesawat, dll. Dan biasanya para pekerja ini menggunakan pelindung telinga untuk mengurangi kebisingan.

5. Proses mendengan terjadi karena ada rangsangan bunyi yang menggetarkan gendang telinga kita. Kemudian, sistem pendengaran bekerja dari rangsangan gendang telinga.

6. ( Jawaba bisa bermacam macam )/ Informasi yang didapatkan bisa tanda bahaya, panggilan, cerita dll. Cara lain untuk mendapatkan informasi ini bisa menggunakan indra lainnya. Orang dengan gangguan pendengaran bisa menggunakan mata dan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi. Tuhan menciptakan kelima indra untuk saling melengkapi. Ketia salah satu indra tidak berfungsi masih ada indra lain yang membantu walaupun tidak akan sama.

7. Tidak. Suara keras dapat mengganggu sistem pendengaran kita.

8. Orang dengan gangguan pendengaran bisa beraktivitas, bahkan bisa mencetak prestasi. mempunyai indra pendengaran yang sehat merupakan suatu hal yang perlu disyukuri.

9. Bisa membersihkan dengan rutin, tidak memasukan benda asing ke telinga kita, tidak memasukan alat pembersih terlalu dalam, tidak mendengarkan musik terlalu kencang, dll.

Post a Comment for "Soal-Soal IPAS Kelas 5 Tentang Mendengar Karena Bunyi - Kurikulum Merdeka"