Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Semester 2 Th. 2020

Soalbagus.com - Kali ini share tentang Soal Latihan Ulangan Harian ( UH ) atau Penilaian Harian ( PH ) Tematik Kelas VI SD/ MI Tema 7 Subtema 1 Semester 2/ Genap Kurikulum 2013 Revisi. 2021-2022.

Soal Ulangan Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Semester 2

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar dengan tepat!

PPKn
1. “Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing”.
Pernyataan di atas merupakan nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ….

2. “Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa”
Pernyataan di atas megandung nilai ….

Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua.
Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.  Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna  Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Suasana yang tergambar pada pidato di atas adalah …

4. Poin pent ing yang terdapat pada teks pidato paragraph pertama yaitu ….

IPA
5. Salah satu ciri pubertas pada laki-laki yang sangat menonjol adalah ….

6. Salah satu ciri pubertas pada perempuan yang sangat menonjol adalah ….

IPS
7. Negara yang termasuk Negara ASEAN yaitu ….
8. Negara yang termasuk dalam kawasan Asia Tenggara adalah ….

SBdP

soal tematik sbdp kelas 6 semester 2

9. Lagu “Ibu Kita Kart ini” diciptakan oleh …
10. Lagu “Ibu Kita Kart ini” menggunakan tempo …


B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar!
PPKn
1. Tuliskan nilai-nilai terkandung dalam sila pertama Pancasila!
2. Tuliskan nilai-nilai terkandung dalam sila kedua Pancasila!

Bahasa Indonesia
Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya

Petugas pemadam kebakaran (damkar) bertaruh nyawa saat memadamkan api. Tak sedikit dari mereka yang meninggal saat berusaha memadamkan api. Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Pak Saiful mengenang komandannya yang meninggal saat memadamkan kebakaran di Blok M sekitar tahun 2005. Komandannya yang bernama Pak Subandi tersebut, saat itu terjebak kobaran api dan tidak dapat keluar. Selang air yang dibawa Pak Subandi terputus.

“Pak Subandi sempat melemparkan topi keluar sebagai kode bahwa dia sedang dalam bahaya. Namun, tiba-tiba api meledak dan mengenai tubuhnya,” ungkap Pak Saiful.   Pak Saiful menceritakan bahwa Pak Subandi merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli dengan anak buahnya. Meninggalnya Pak Subandi di lokasi kebakaran itu pun karena dia berusaha menyelamatkan tim pemadam yang sedang terjebak di dalam gedung yang sedang terbakar.

Petugas pemadam kebakaran yang telah rela berkorban tersebut saat itu menjabat sebagai Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan. Pengorbanan Pak Subandi menjadi pelajaran  dan motivasi untuk membangun semangat anak buahnya dalam menjalankan tugas. Pak Suhada, seorang petugas pemadam kebakaran yang telah 30 tahun bertugas juga menceritakan pengalamannya. Banyak kejadian kritis yang sudah dia lewati selama menjalankan tugas.

“Kalau sudah di depan api, saya sering berpikir jangan-jangan hari ini saya mati. Tetapi alhamdulillah saya masih dikasih kesempatan hidup. Yang penting kita tulus menjalani tugas. Jangan banyak mengeluh,” kata Pak Suhada.

Pak Suhada menceritakan kalau kaki kirinya pernah melepuh terkena air panas saat memadamkan kebakaran di sebuah permukiman. Pak Suhada juga pernah terkena setrum dan runtuhan atap rumah. Kondisi saat kebakaran sangat riuh. Sering pemadam tidak sempat memeriksa kabel-kabel listrik yang berserakan. Maka, risiko tersetrum pun harus dia hadapi.

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-subandi-komandan-damkar-yang-tewas-
saat-selamatkan-anak-buah.html

3. Sebutkan tugas pokok seorang pemadam kebakaran!

4. Berdasarkan cerita di atas, siapa nama pemadam kebakaran yang sangat peduli dengan anak buahnya?

IPA
5. Tuliskan perbedaan masa kanak-kanak dengan masa pubertas pada laki-laki!

6. Tuliskan perbedaan masa kanak-kanak dengan masa pubertas pada perempuan!

IPS
7. Apa kepanjangan dari ASEAN? Jelaskan!

8. Jelaskan tujuan ASEAN berdasarkan deklarasi Bangkok!

SBdP
9. Tuliskan ciri-ciri tangga nada diatonic mayor!

soal sbdp kelas 6 semester 2 notasi lagu butet

10. Tempo yang digunakan pada lagu “Butet” adalah ….


Klik => Pembahasan Kunci Jawaban

Kumpulan Soal PTS SD/ MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 Th. 2020
Kumpulan Soal PTS MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 Th. 2020
Soal-Soal Tematik Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9 Semester 2 Th. 2020

Demikianlah update kali ini tentang Soal Ulangan Kelas 6 Tema 7 Semester 2 diatas, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih. Selamat belajar dan sukses selalu buat adik adik. Sampai jumpa.

Post a Comment for "Soal Ulangan Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Semester 2 Th. 2020"