Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban PAT B. Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs K-13 Th. 2022

Soalbagus.com - Berikut adalah Soal Latihan Ulangan PAT/ UKK Bhs Indonesia Kelas VIII SMP/ MTs dan Kunci Jawaban sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revis 2017 yang terdiri dari soal pilihan ganda (pg) dan essay ( uraian ) untuk berlatih tahun 2022.

Juga disediakan bagi teman teman yang membutuhkan naskah soalnya, silahkan di download saja, linknya ada diakhir tulisan ini.

Untuk soal Pilihan Ganda/ PG tidak ditampilkan disini, melainkan soalbagus sajikan dalam bentuk video, tetapi untuk soal essay silahkan disimak dibawah ini.

Download naskah soal pat/ ukk smp kelas 8 pelajaran bhs indonesia dan kunci jawaban kurikulum 2013 edisi revisi, tahun 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, 2023

Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Essay PAT B. Indonesia Kelas 8, yaitu :

41. Alternatif Jawaban
Kunci Jawaban
Kelebihan : Alur cerita mudah dipahami
Kekurangan :
a. Tema cerita tentang kisah percintaan remaja namun bahasa yang digunakan bahasa resmi sehingga membuat pembaca remaja merasa bosan.
b. Penggunaan sudut pandang yang tidak konsisten, pada awal cerita menggunakan orang ketiga ( Ika ) tetapi kemudian menggunakan sudut panjang orang pertama ( Aku ).

42. Bagian struktur teks persuasi
Kunci Jawaban
Pengenalan Isu : Penulis menyampaikan pengantar yang menjadi dasar tulisan yaitu
tentang banyak penyakit yang bermunculan.

Rangkaian Argumentasi : Penulis menyampaikan pendapat alasan bahw munculnya berbagai penyakit akibat dari sistem imun yang lemah, juga menyertakan fakta fakta di lapangan tentang penjual makanan yang menjual makanan tidak sehat.

43. Susunan teks drama yang benar
Kunci Jawaban
(4) Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
(6) Dini : A dan C
(2) Sita : Kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?
(5) Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
(1) Adi Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar
(3) Sita Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan
(8) Banu : Bud,kamu sudah selesai?
(7)Budi : Belum, tinggal 3 soal lagi
(12) Banu : Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!
(10) Budi : Tidak Bisa Ban
(9) Banu : Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama
(11) Dini : Iya Bud, kita harus kerja sama
(13) Adi : Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud
(15) Budi : Tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman, mencontek atau pun memberi contek adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pun memberi contekan ke kalian. Aku minta maaf”

44. Kunci Jawaban
Teks Non Fiksi karena  karena penulis menceritakan tentang perjuangan tokoh Chairul meraih  sukses mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Teks tersebut termasuk teks biografi tokoh yang merupakan bagian dari ragam Teks Nonfiksi.

45. Kemenarikan Tokoh
Kunci Jawaban
Marni :
Masih belia / anak anak tetapi Marni memiliki  sikap yang dewasa. Ia tidak pernah meminta apa apa dari ibunya karena menyadari ibunya hanya seorang wanita miskin. Mirna juga anak yang tabah.

Salamah :
Sekalipun tak punya uang tapi  Salamah berusaha membelikan sandal jepit untuk Marni karena ia tahu Marni ingin memilikinya.Hal tersebut menunjukan Salamah adalah seorang ibu yang penuh kasih sayang.

Dapatkan juga soal lainnya :
Lainnya:
Kumpulan Soal PAT Kelas 8 Th. 2020 Lengkap dengan Kunci Jawaban
atau
Kumpulan Soal Kelas 8

Selanjutnya dibawah ini adalah link download Soal PAT Kelas 8 B. Indonesia
Download

Demikianlah teman-teman tentang soal ulangan hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Sekian dan terimakasih. Semoga sukses.